Wamendes PDTT Paima Harap Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Berdampak pada Kemandirian Desa

Batara.info – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi  (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo menutup Pelatihan Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Produk Angkatan IV serta Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Angkatan III Tahun 2023 di Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat (BBPPM) Yogyakarta, pada Kamis (7/9/2023).Dalam sambutannya, Paiman mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang berasal dari Kabupaten Bantul dan Kabupaten Banyuwangi telah mengikuti pelatihan sejak 4 September 2023 lalu ini.

Wamen Paiman berharap seluruh peserta pelatihan tidak hanya memiliki keterampilan dan kemampuan secara individu.

Lebih dari itu, Wamendes Paiman berharap seluruh peserta yang sudah dilatih ini bisa berkolaborasi dengan pemerintah desa untuk mengembangkan potensi desa di daerahnya masing-masing.“Selamat bagi 60 peserta Pelatihan Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Produk Angkatan IV yang berasal dari Kabupaten Bantul serta Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Angkatan III Tahun 2023 berasal dari Kabupaten Banyuwangi telah mengikuti pelatihan dengan baik,” ujarnya.

“Mengingat saat ini sudah mendapatkan pelatihan, maka kami harapkan para peserta atau alumni pelatihan ekonomi kreatif dan pengembangan produk dan pengelolaan desa wisata ini bersama-sama dengan kepala desa dan perangkat desa mengembangkan produk atau mengembangkan potensi desa sehingga menjadi desa mandiri,” sambung pria yang juga Rektor Universitas Moestopo ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, pelatihan ini juga sebagai upaya agar desa-desa di Indonesia menjadi desa mandiri. Menurutnya, jika desa-desa di Indonesia sudah berhasil menjadi desa mandiri, tentunya desa-desa  akan memiliki kemampuan di dalam melaksanakan pembangunan secara mandiri dan secara otomatis  meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Oleh karena itu, ia mengapresiasi BBPPM Yogyakarta yang telah menggelar pelatihan-pelatihan secara rutin setiap tahunnya. Ia meminta agar pelatihan-pelatihan seperti ini bisa terus digelar di tahun-tahun berikutnya.“Saya selaku wakil menteri mengapresiasi Kepala BBPPM Yogyakarta yang telah rutin menyelenggarakan pelatihan-pelatihan.

Semoga BBPPM ini dapat menyelenggarakan secara rutin di tahun-tahun yang akan datang,” ujar Wamen Paiman.Setalah menutup pelatihan ini, Wamendes PDTT didampingi Kepala BBPPM Yogyakarta Widarjanto melakukan penanaman pohon kenari di lingkungan BBPPM Yogyakarta, Wamendes Paiman juga meninjau berbagai jenis peternakan dan tanaman di BBPPM Yogyakarta.

Sumber : Humas Kemendes PDTTTeks: Rifqi/Humas Kemendes PDTT

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *