Gempa M 6,2 Garut, Ratusan Rumah di 9 Kabupaten dan 1 Kota Rusak

Batara.Info – Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan pada Minggu (28/4/2024) bahwa gempa yang menguncang Kabupaten Garut, Sabtu malam (27/4/2024) 23.29 WIB, berkekuatan magnitudo 6,2 merupakan gempa tektonik terjadi di wilayah Samudra Hindia sebelah selatan Jawa Barat.

Tepatnya, episenter gemnpa terletak pada koordinat 8,39 derajat Lintang Selatan dan 107,11 derajat Bujur Timur, di laut pada jarak 156 kilometer arah barat daya Garut, pada kedalaman 70 kilometer.

banner 336x280

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 6,2,” ujar Daryono dalam keterangannya, Minggu (28/4/2024).

Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat. Kemudian, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Sumedang.

Akibat Gempa tersebut, selain terasa sampai Bandung, melainkan juga merusak ratusan rumah di 9 Kabupaten dan 1 Kota (Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat. Kemudian, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Sumedang.

Warga yang terdampak rusak parah rumahnya itu, sampai sekarang masih mengungsi di sejumlah posko yang disediakan pemerintah setempat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Penjabat (PJ) Gubernur Jabar Bey Machmudin mengunjungi lokasi yang terdampak bencana gempa di wilayah Desa Dayeuhmanggung Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut, Minggu (28/4/2024), seperti dilansir Kompas.com.

PJ Gubernur memberikan bantuan kepada para Korban bencana gempa dan dukungan moril agar tetap sabar dalam menghadapi musibah ini.

“Kami salurkan bantuan bagi korban gempa, kami minta secepatnya pemerintah daerah di Jawa Barat, agar mendata korban gempa yang terdampak,” ujarnuaya.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono dalam keterangannya, Minggu (

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari menyebut, ada sembilan Kabupaten dan satu Kota yang terdampak gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (27/4/2024) malam. Diketahui, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Garut sekitar pukul 23.29 WIB. Gempa yang berpusat di laut dengan kedalaman 70 kilometer dengan titik parameter 8,42 LS dan 107,26 BT tersebut tidak berpotensi tsunami. “Laporan dari Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusadalops) BNPB mencatat, sedikitnya sembilan Kabupaten dan satu Kota terdampak akibat gempat tersebut,” kata Abdul Muhari, Minggu (28/4/2024).

Gempa bermagnitudo 6,5 mengguncang Kabupaten GarutJawa Barat, pada Sabtu (27/4/2024) sekitar pukul 23.26 WIB.

9 kabupaten dan satu kota terdampak guncangan gempa.

Gempa yang terjadi di Garut merupakan gempa tektonik.

Ini seperti diungkapkan

Kata dia, gempa tektonik terjadi di wilayah Samudra Hindia sebelah selatan Jawa Barat.



banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *