Asal Usul Soto Tangkar

Batara.info | Soto Tangkar adalah hidangan khas Betawi, Jakarta, Indonesia. Nama “tangkar” sendiri merujuk pada tulang iga sapi yang digunakan sebagai bahan utama dalam hidangan ini.

Soto Tangkar terkenal dengan kuahnya yang kaya rempah dan daging iga sapi yang empuk.

banner 336x280

Asal usul Soto Tangkar tidak dapat dipastikan dengan pasti, tetapi hidangan ini diyakini berasal dari warisan budaya Betawi yang kaya. Betawi adalah suku asli Jakarta, dan Soto Tangkar menjadi salah satu warisan kuliner yang mencerminkan kekayaan budaya dan sejarah kota tersebut.

Proses pembuatan Soto Tangkar melibatkan perebusan iga sapi dalam waktu yang cukup lama untuk menghasilkan kuah yang kaya rasa. Selain itu, rempah-rempah khas seperti keluak, kunyit, ketumbar, dan serai ditambahkan untuk memberikan cita rasa khas pada hidangan ini.

Soto Tangkar biasanya disajikan dengan lontong atau nasi, serta tambahan daun bawang, seledri, dan bawang goreng sebagai pelengkap.

Seiring berjalannya waktu, Soto Tangkar tidak hanya populer di Jakarta, tetapi juga telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Hidangan ini menjadi bagian dari kekayaan kuliner Indonesia yang beragam dan lezat. [ary]

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *