Produksi Perikanan Tangkap di Jatim Tertinggi Nasional, Gubernur Khofifah: Alhamdulillah

Batara.info | Alhamdulillah, produksi perikanan tangkap di Jawa Timur tertinggi secara nasional melebihi wilayah-wilayah di Timur Indonesia seperti Maluku dengan capaian 587.988 ton, Sulawesi Tengah 568.393,4 ton.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Rabu (3/1/2024).

banner 336x280

Di Jatim, kata Khofifah, komoditas unggulan perikanan tangkap ada dua yakni tongkol dengan hasil produksi mencapai 65.532,3 ton dan lemuru dengan hasil produksi mencapai 79.952,3 ton.

“Produksi perikanan tangkap ini tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan di dalam provinsi saja melainkan juga berhasil menembus pasar luar negeri,” ujar Khofifah.

Khofifah mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah berperan aktif sehingga produksi perikanan Jawa Timur terus mengalami kemajuan dan peningkatan.

Tak terkecuali para nelayan dan petani tambak serta Kelompok Tani Nelayan Andalan yang menjadi garda terdepan penguatan komoditas pangan sektor perikanan.

Menurut Khofifah, nelayan tidak hanya memberi kontribusi terhadap PDRB dan PDB. Bagaimana nelayan membangun kekuatan untuk bisa menyiapkan logistik dan terutama ketahanan pangan.

Khofifah menyebutkan, nelayan juga telah melakukan ikhtiar untuk memainkan fungsi sebagai pemersatu Negeri Bahari, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Terima kasih kepada semua pihak yang berperan aktif sehingga produksi perikanan di Jawa Timur terus mengalami peningkatan. Saya berharap capaian produksi perikanan ini bisa berimplikasi pada kesejahteraan masyarakat. Khususnya masyarakat pesisir dan petani tambak di Jawa Timur,” pungkas Khofifah. [ary]

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *