Fahira Idris: Pastikan Bansos di Jakarta Ditingkatkan Manfaat Serta Penerimanya

Batara.info | Provinsi DKI Jakarta adalah daerah yang memiliki jumlah program bantuan sosial (bansos) terbesar dan terluas di Indonesia. Ragam bansos yang ada di Jakarta saat ini sangat berdampak untuk meringankan pengeluaran dan biaya hidup warga sehari-hari sehingga memungkinkan warga untuk menabung dan memiliki aset.

Itulah kenapa berbagai program bansos ini harus dipastikan tetap berjalan dan bertambah manfaat serta penerima.

banner 336x280

Anggota DPD RI Fahira Idris mengungkapkan, bansos yang merupakan kebijakan redistribusi kesejahteraan efektif sebagai daya dorong untuk memperkecil kesenjangan ekonomi dan sosial di Jakarta. Selain itu berbagai bansos yang diterima warga bukan hanya meringankan kehidupan warga sehari-hari, tetapi menjadi pondasi untuk mempercepat terbentuknya keluarga-keluarga di Jakarta yang punya daya tahan dan kemandirian salah satunya dalam bidang ekonomi.

Senator Jakarta ini mengajak warga berkolaborasi untuk memastikan ragam bansos yang selama ini sudah bergulir dan memberi dampak positif bagi kehidupan warga Jakarta tetap berjalan dan diperluas manfaat serta jumlah penerimanya. Intervensi Pemprov DKI Jakarta untuk meringankan biaya hidup sehari-hari warga melalui bansos adalah strategi paling efektif mempercepat kesejahteraan warga.

“Melalui bansos yang tepat sasaran dan tujuan, kemandirian ekonomi warga semakin cepat terbentuk karena bisa menyisihkan pendapatannya untuk menabung dan memiliki aset. Melalui bansos diharapkan warga Jakarta yang tadinya pra sejahtera bertransformasi menjadi keluarga sejahtera,” ujar Fahira Idris yang juga Caleg DPD RI Dapil DKI Jakarta pada Pemilu 2024, di Jakarta (20/12/2023).

Selain berkolaborasi bersama warga memastikan ragam bansos tetap berjalan dan diperluas manfaat serta jumlah penerimanya, Fahira juga akan terus memberikan pendampingan bagi warga Jakarta yang memenuhi syarat tetapi mengalami kendala dalam mengakses beragam bansos.

Tidak hanya itu, Fahira Idris juga akan memastikan program-program Bansos untuk Jakarta terus dikombinasikan dengan program-program subsidi dan jaminan sosial bidang kesehatan dan jaminan sosial bidang ketenagakerjaan yang meliputi jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun, dan jaminan hari tua.

“Semoga ragam bansos di Jakarta yang dikombinasikan dengan program-program subsidi dan jaminan sosial menjadi katalisator bagi semua warga untuk lebih sejahtera. Mari kita berkolaborasi memastikannya,” pungkas Fahira Idris.

Sebagai informasi, Jakarta memiliki ragam bansos mulai dari Kartu Jakarta Sehat Plus, Kartu Jakarta Pintar Plus, Kartu Anak Jakarta, Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul, Kartu Pekerja, Kartu Jakarta Penyandang Disabilitas, Program Subsidi Pangan Murah, hingga Kartu Lansia Jakarta dan bansos lainnya. Terdapat juga berbagai program bantuan sosial untuk pemberdayaan masyarakat melalui berbagai organisasi/lembaga kemasyarakatan dan keagamaan. [ary]

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *