Pj Gubernur DKI Resmikan Dua TPS 3R

Batara.info | Jumat pagi (26/01/2024), saya meresmikan dua Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R (Reuse, Reduce, Recycle) yang berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur, dan Rawasari, Jakarta Pusat.

Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Jumat (26/1/2024).

banner 336x280

Heru mengatakan, pembangunan fasilitas ini merupakan bagian dari upaya Pemprov DKI dalam mengurangi volume sampah yang masuk di TPA Bantargebang dengan cara memilah dan mencacahnya langsung di tingkat kecamatan.

Untuk diketahui, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta telah membangun tujuh unit TPS 3R di tingkat kecamatan pada tahun 2023. Sistem pengolahan sampah tersebut memiliki kapasitas olah 25-50 ton sampah/hari dan menghasilkan Refused Derived Fuel (RDF) yang nantinya akan dipasok ke PLN dan Indocement selaku offtaker.

Ke depannya, tutur Heru, Pemprov DKI berencana untuk terus menambah jumlah TPS 3R hingga tersedia di setiap kecamatan, sesuai dengan amanat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar setiap daerah mampu menyelesaikan atau mengatasi sampah dari sumbernya. [ary]

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *