Gubernur Khofifah Sebut Kunjungan Wisman ke Jatim Meningkat

Batara.info | Alhamdulillah, sektor pariwisata di Jatim menunjukkan perkembangan yang membanggakan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (4/1/2024).

banner 336x280

Berdasarkan data rilis Badan Pusat Statistik (BPS), kata Khofifah jumlah kunjungan uwisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Timur selama bulan Januari-November 2023 tembus 194.367 kunjungan.

Menurut Khofifah jumlah tersebut meningkat 263,11 persen dibandingkan periode yang sama Januari–November tahun 2022 mencapai 53.529 kunjungan.

Disebutkan Khofifah, peningkatan signifikan jumlah wisman ke Jatim menandakan bahwa daya tarik wisata Jatim semakin menarik dan semakin memiliki daya saing global.

Khofifah menuturkan, ini sekaligus menandakan bahwa wisata di Jatim makin diminati komunitas global dan mendunia. Sehingga ke depan harus terus kita jaga dan kita tingkatkan daya saingnya.

Diungkapkan Khofifah, peningkatan Wisman dibarengi dengan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang. TPK hotel bintang pada bulan November 2023 sebesar 57,59 persen atau mengalami peningkatan (secara month to month) sebesar 0,95 poin dibandingkan bulan Oktober 2023.

Khofifah membeberkan, beberapa destinasi wisata unggulan seperti Kota Batu atau Malang Raya, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan hingga Kota Surabaya menjadi tujuan wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Khofifah mengungkapkan tujuan utama para wisatawan datang ke Jatim yakni menikmati wisata alam dan wisata edukasi keluarga yang berada di Kota Batu.

“TNBTS saat ini sedang bagus bagusnya. Apalagi, setelah dinobatkan sebagai taman nasional terindah ketiga di dunia, setelah Taman Nasional di Afrika Selatan dan di Brazil,” ujar Khofifah.

Khofifah sampaikan terima kasih kepada seluruh tempat pengelola wisata yang ada di Jawa Timur mulai dari pengusaha jasa perhotelan, restoran, transportasi hingga tempat pengelola wisata yang terus memelihara tempat wisata sehingga masyarakat bisa berwisata dengan aman, nyaman dan bahagia. [ary]

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *