Gubernur Khofifah Tinjau Persiapan Operasional Bandara Internasional Dhoho

Batara.info | Kabar gembira di jum’at berkah. Hari ini saya meninjau persiapan operasional Bandara Internasional Dhoho yang berlokasi di Kabupaten Kediri pada Jumat, (1/12/2023).

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Jumat (1/12/2023).

banner 336x280

“Mohon do’a semoga bandara Dhoho akan segera beroperasi dan melayani penerbangan komersial dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujar Khofifah.

Didampingi Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Direktur PT Surya Dhoho Investama (SDhI) Maksin Arisandi, Gubernur Khofifah meninjau kesiapan layanan di Bandara Internasional Dhoho.

Mulai dari penyiapan layanan check-In counter, ruang tunggu domestik, ruang tunggu internasional, ruang pemeriksaan imigrasi keberangkatan internasional, ruang pemeriksaan imigrasi kedatangan internasional, ruang pemeriksaan bea cukai dan ruang pengambilan bagasi internasional sampai akses garbarata, apron dan runway.

Sebagaimana diketahui, bandara ini memiliki sejumlah keunggulan. Memiliki panjang landasan pacu atau runway 3.300 m x 45 m, bandara ini mampu didarati Pesawat terbesar B777-300ER.

Tidak hanya itu, jalur perpindahan pesawat atau taxiway bandara ini membentang sepanjang 306 m x 32 m dan 438 m x 32 m. Gedung terminal bandara Dhoho yang berukuran 18.224 M2 ini mampu kapasitas 1,5 juta penumpang per tahun.

Menurut Khofifah, bandara ini menjadi kekuatan kita yang luar biasa untuk membangun keseimbangan pertumbuhan pembangunan wilayah Utara dan Selatan Jawa Timur.

Khofifah mengatakan, pembangunan daerah tidak bisa dibangun dengan pendekatan simetris melainkan asimetris. Sebab ada kebutuhan infrastruktur yang harus ditambahkan dan difasilitasi.

“Mari kita lihat hadirnya Dhoho airport sebagai kekuatan untuk memberikan ruang dan harapan baru utamanya bagi Milenial untuk melompat lebih tinggi dan lebih jauh sehingga kekuatan SDM di Kediri raya dan Mataraman lebih komprehensif kualitatif,” demikian tutup Khofifah. [ary]

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *