Gubernur Khofifah Buka 3rd Jambore BUMDesa

Batara.info | Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka 3rd Jambore Badan Usaha Milik (BUM) Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 di Nangkula Park Kabupaten Tulungagung, Minggu (12/11/2023).

Sebagai informasi, Nangkula Park sendiri, adalah salah satu wisata unggulan yang merupakan unit usaha BUM Desa Larasati, Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.

banner 336x280

Kick Off Opening Ceremony 3rd Jambore BUM Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 ini ditandai dengan pemukulan kendang oleh Gubernur Khofifah, didampingi Pj Bupati Tulungagung, Direktur Politeknik Keuangan Negara STAN, dan Kepala DPMD Prov Jatim.

Khofifah mengatakan, keberadaan BUM Desa berkontribusi dalam menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem di Jatim. Penurunan ini tentunya juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

Menurut Khofifah, berdasarkan data Kepala BPS yang disampaikan saat Rakor dan Penyerahan Insentif Fiskal Kinerja Penghapusan kemiskinan ekstrem Tahun 2023, kemiskinan ekstrem di Jatim berhasil turun signifikan hingga 3,58 persen sejak tahun 2020 hingga Maret 2023. Dimana kemiskinan ekstrem di Jatim turun drastis dari tahun 2020 sebesar 4,4 persen menjadi 0,82 persen pada Maret 2023, dan di bawah rata-rata nasional.

“Terima kasih kepada seluruh kepala desa se-Jawa Timur,” ucap Khofifah.

Disebutkan Khofifah, ini adalah prestasi panjenengan yang luar biasa. Tahun 2020 dan 2021 kemiskinan ekstrem di Jawa Timur di atas rata-rata nasional. Di tahun 2022 berkat kerja keras berbagai pihak termasuk para Kepala Desa, kemiskinan ekstrem di Jawa Timur dibawah rata-rata nasional. Dan turun lebih ekstrem lagi pada Maret 2023.

“InsyaAllah September 2023 ini harusnya sudah sangat mendekati 0,” ujar Khofifah.

“Maturnuwun seluruh kepala desa dan tim penggerak PKK yang juga luar biasa, karang taruna dan seluruh lembaga masyarakat desa. Panjenengan semua telah bekerja dengan sangat baik, dan sudah on the right track,” demikian tutup Khofifah. [ary]

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *