Warga Dusun Merak Situbondo Kini Bisa Menikmati Aliran Listrik

Batara.info | Senyum warga Dusun Merak Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo akhirnya bisa merekah. Pasalnya mimpi dan penantian warga Dusun Merak untuk bisa menikmati aliran listrik selama 48 tahun sejak tahun 1975 akhirnya bisa terwujud.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Minggu (17/12/2023).

banner 336x280

Khofifah mengatakan, selama ini warga Dusun Merak belum teraliri listrik. Mereka mengalami kendala tidak bisa mendapatkan aliran listrik karena lokasi tempat tinggal mereka sangat terpencil dan belum terdapat akses jalan dan jaringan listrik.

“Kondisi warga Dusun Merak ini baru saya ketahui bulan Februari 2023 lalu saat saya bersama Bupati Situbondo meresmikan akses jalan,” ujar Khofifah.

Menurut Khofifah, perjuangan tersebut tidak mudah. Lokasi desa yang ada di pelosok Situbondo membuat pembangunan instalasi listrik tidak semudah yang dibayangkan. Perizinan proyek yang rumit harus dilalui mengingat harus melalui Taman Nasional Baluran. Juga pembangunan fisik jaringan listrik hingga sampai di lokasi Dusun Merak membuat cost proyek ini tidak murah.

Alhamdulillah, tutur Khofifah, akhirnya sambungan listrik di Dusun Merak kini telah terpasang dan kemarin saya bersama Bupati Situbonfo, PLN dan Kepala TNB meresmikan, Sabtu (16/12/2023). “Kini Desa Merak dipastikan bisa terpenuhi kebutuhan dasarnya terhadap akses listrik,” pungkas Khofifah.

“Terima kasih ibu gubernur Khofifah, yang peduli terhadap kami sehingga kami akhirnya bisa menikmati listrik. Kami sangat berterima kasih sekali karena dengan aliran listrik sekarang kami bisa menjalankan aktivitas dengan baik utamanya untuk proses belajar formal dan saat belajar mengaji di malam hari sudah bisa dilakukan dengan nyaman,” ungkap Salam Dawafi, salah satu warga Dusun Merak.

“Alhamdulillah, senang sekali. Rumah mbah sekarang sudah terang. Terimakasih untuk ibu gubernur, Bupati Situbondo dan PLN,” kata mbah Suryani (82).

“Alhamdulillah ini adalah buah jawaban doa selama 48 tahun dari seluruh warga Dusun Merak yang dijawab Allah dengan tergeraknya banyak pihak dari Pemprov Jatim, dari Pemkab Situbondo dan PLN untuk bisa menyambungkan aliran listrik hingga ke kampung Desa Merak ini,” demikian tutup Khofifah. [ary]

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *