Anies Baswedan: Terus Dukung dan Doakan Palestina Segera Merdeka

Batara.info | Perang antara Hamas Palestina dan Israel terus panas sejak pecah pada 7 Oktober lalu. Warga Palestina di Jalur Gaza pun terkena imbas karena harus menerima hujan roket dan blokade total dari Israel.

Warga Gaza saat ini mengalami krisis air, listrik, makanan, obat-obatan, hingga bahan bakar buntut perang. Israel pun terus-menerus menolak membuka perbatasan bagi pengiriman bantuan kemanusiaan di wilayah kantong itu.

banner 336x280

Ratusan truk berisi bantuan kemanusiaan sendiri sudah mengantre di sekitar perbatasan Rafah, satu-satunya perbatasan Gaza dengan Mesir selain dengan Israel.

Mesir sudah menyetujui untuk mengizinkan pengiriman bantuan ke Gaza melalui perbatasannya itu.

Kini, para pekerja tengah memperbaiki jalan yang rusak imbas gempuran sambil terus bernegosiasi dengan Israel untuk membolehkan sekitar 20 truk masuk ke Gaza.

Korban perang antara milisi Hamas Palestina dengan Israel per hari ini Jumat (20/10/2023), tembus hingga 5.618 orang.
Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan jumlah korban tewas di Jalur Gaza mencapai 4.137 orang. Sementara itu, 13.162 orang mengalami luka-luka.

Juru bicara Kementerian Kesehatan, Ashraf Al Qidra mengungkapkan dari jumlah korban tewas, 1.661 di antaranya merupakan anak-anak. Kementerian Kesehatan juga mencatat 81 warga Palestina di Tepi Barat meninggal dunia imbas perang di kawasan itu.

Sementara itu, di pihak Israel, jumlah korban meninggal dunia mencapai 1.400 orang.

Terkait perang Hamas Palestina dan Israel, calon Presiden RI, Anies Baswedan memberikan tanggapan.

Anies menegaskan, kemerdekaan adalah hak segala bangsa, itulah salah satu pesan konstitusi kita.

“Mari kita doakan saudara-saudara kita di Palestina yang sedang menghadapi gempuran dan cobaan,” ujar Anies melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (19/10/2023).

Anies juga minta kita terus dukung dan doakan Palestina segera merdeka, untuk masa depan yang lebih baik. [ary]

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *