Menunggu Kiprah 100 Hari Prabowo

Foto : Media Center Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran

Penulis : Asep Sabar

banner 336x280

BATARA.INFO – Pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden, para Menteri dan Wakil Menteri sudah dilakukan dengan lancar, dan pada Selasa (22/10/2024) hari ini para Penasehat Khusus Presiden, Utusan Khusus serta Staf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden, juga sudah dilaksanakan. Kini saatnya kita menunggu realisasi program Presiden Prabowo bersama “pasukannya.”

Lalu, apa komentar warganet dengan sudah dilantiknya presiden dan wakil presiden (wapres) hasil Pemilu 2024 dan kabinetnya tersebut? Pastinya ada pro kontra, optimis dan pesimis. Berikut petikan komentar-komentar mereka dikutip dari kanal twitter atau akun X milik mereka;

Mantan birokrat yang pernah bertugas di BUMN; Muhammas Said Didu dalam akun pribadinya @msaid_didu menulis; Apakah Bapak Presiden sudah kembali ke aslinya? Bagi yang mengikuti pemikiran Bapak Presiden sejak maju jadi Capres 2014 dan 2019, pasti paham bahwa yang diperjuangkan antara lain adalah (1). Ketimpangan ekonomi, (2). Pengentasan kemiskinan, (3). Pemberantasan korupsi, (4). Pemerataan dan keadilan penguasaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi, (5). Pemenuhan kebutuhan dasar (pangan, sandang, perumahan, pendidikan, dan kesehatan), (6). Demokrasi dan kedaulatan harus ditangan rakyat dan (7). Ekonomi harus untuk kesejahteraan rakyat.

Pernyataan Didu tersebut ditanggapi Islah Bahrawi, pemerhati sosial sebagaimana tertulis di akun X-nya @islah_bahrawi. Katanya dia, memangnya Prabowo akan terus membesarkan orang-orang Jokowi dan membiarkan pengaruh Jokowi dalam pemerintahannya sepanjang lima tahun ke depan? “Ya nggaklah! Politik nggak seculun itu bos! Prabowo juga punya ide dan rencana. Prabowo pasti ingin jadi Prabowo. That’s how politics works.”

Para netizen lain mengatakan tetap optimis Prabowo bisa merealisasikan program kerjanya dalam lima tahun ke depan. “Evaluasi dalam 100 hari dilihat hasil kinerja pelaksanaan program terobosan yang terasa bermanfaat bagi rakyat oleh kabinet baru yang berbeda dengan kabinet yang lama,” tulis Faisal di akunnya @muslimf.
Sepakat dengan Faisal, Arya Putra Dimas, warga Jakarta Timur dalam akun @dimasagung848 menulis, “Mari kita lihat di 100 hari kerja beliau. Itu akan menentukan lima tahun kedepan bangsa ini.”

Warga lainnya Tosri amri dalam @TosriAmri, Menurutnya Pak Prabowo juga pernah menyampaikan pidato ditahun 2019 saat pencalonan; “bahwa banyak anggaran negara yang bocor. Artinya gagasan beliau adalah konsisten.”

Sementara Yuli parlina di akun @parlina yuli mendoakan, “Biidznillah, semoga Alloh selalu berikan hidayah amanah kepada beliau. Aamiin YRA.” Doa yang sama disampaikan Hanif yahyaasyari dalam @yahyaarsyad42633. Kata dia, “Semoga beliau bisa mengarahkan para pembantunya itu untuk tujuan tersebut. Memang butuh waktu dan proses. Let’s wait.”

Nada optimis ditulis pemilik akun @suharto_BC. Kata dia kita tunggu eksekusinya untuk jalankan amanah, sehingga akan berakhir Husnul Khotimah untuk beliau juga rakyat juga bangsa Indonesia tercinta. Karena beliau sudah tidak perlu cari yang lain, semua sudah punya (ada) dan akhirnya tercapai sila ke lima Pancasila. Aamiin YRA.

Rahman Ukhuwah dalam @12Muarif menulis ajakan untuk mendoakan. “Kita lihat amin kan dan sambil terus berdoa untuk keselamatan dan kesehatan pak Prabowo sampai 10 tahun kedepannya.” Juga Irfan Djayadiningrat pemilik akun @irfandjay; “Doakan beliau selalu diberi kesehatan dan umur panjang, hingga selesai masa jabatan presiden.” Bukan apa, kata Boedi Tomo di akun @BoediTomo19; “Ada beban berat harus membenahi kondisi negeri ini untuk bisa tinggal landas lagi. Bila tidak dibenahi maka akan tinggal nyungsep.”

Netizen lain, Abdul Rivai dalam @ri91722809; “Yang saya harapkan dan do’akan beliau memang melakukan apa yang beliau sampaikan dalam pidato beliau yang memang sangat bagus itu. Semoga. Aamiin.”

PESIMISTIS NETIZEN
Optimis dan sikap mendoakan kepada kepemimpinan Prabowo Subianto, ada juga sebagian warganet yang pesimis. Sebut saja mereka Akbar Hans dalam akun X-nya @AkbarHans01, “Ya kalau melihat tim ekonominya kayaknya jalan di tempat. Tapi sebagai rakyat hanya bisa mendoakan saja semoga bias, walaupun pesimis.”

Menurut Yugiono dalam @yugiono1; jangan berharap pada manusia bila sistem ekonominya tidak ada perubahan. Tahun 2025 ekonomi makin berat dengan resesi global. Sementara Mochamad Chairul dalam @mochamadchairul menulis, “apa iya masih konsisten? Dari sikap dan tindakan yang diambil sampai dengan pemilihan mentri saya rasa sudah berubah, semoga saya salah.”

“Saya gak yakin sungguh tak yakin tapi berusaha meyakinkan diri semoga harapan sesuai ekspektasi,” tulis Suliana Pohan di akun X-nya @SulianaPohan. (**)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *